TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag

Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Sayuran, Artikel Polybag, Artikel Polybag Penanaman, Artikel Polybag Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag
link : Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag

Baca juga


Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag

Tanaman Okra
👋Jumpa lagi saudara se-tanah air INDONESIA ku👋, sesuai janji saya kemarin di artikel Ragam Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh. Pada artikel kali ini saya akan membahas Cara Menanam Okra Dalam Pot atau Polybag!! Oke...tanpa basa-basi langsung saja simak berikut ini:

Tanaman Okra (Abelmoschus esculenthus) adalah tanaman sayuran yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman okra dalam bahasa Inggris disebut juga dengan lady’s fingers, ocra atau gumbo, sedangkan di Malaysia dikenal dengan nama Bendi. Buah Okra memiliki kandungan gizi yang kaya serat, antioksidan dan vitamin C. Oleh karena itu buah okra banyak dikonsumsi baik sebagai sayur maupun sebagai obat karena buah okra dapat memberi manfaat positif bagi tubuh dalam menjaga kesehatan. Karena banyak manfaatnya, banyak yang belajar cara menanam okra.

Tanaman Okra sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Masyarakat sudah banyak mengenal manfaat okra dan berusaha mencari informasi bagaimana cara menanam tanaman okra. Cara menanam okra tidaklah sulit, karena tanaman okra termasuk tanaman tropis dan dapat tumbuh subur di Indonesia. Tanaman okra baik ditanam pada ketinggian 600 – 700 meter diatas permukaan laut. Pada ketinggian tersebut, tanaman Okra dapat tumbuh dan berproduksi dengan maksimal dan bisa bertahan hingga 5 – 6 bulan. Pada dataran rendah tanaman okra bisa tumbuh dan berbuah namun produksi dan pertumbuhannya tidak maksimal. Tanaman okra membutuhkan sinar matahari secara penuh dan menghendaki curah hujan sedang.

Tahapan Menanam Okra

Persiapan Tanah
Seperti tanaman lainnya, tanaman okra juga membutuhkan tanah yang subur dengan pH 5,5 - 7. Siapkan tanah subur dengan cara mencampur tanah dan kompos/pupuk kandang 1:1 atau juga bisa ditambahkan pasir agar tanah lebih porus/gembur. Tanah yang telah disiapkan masukkan ke dalam Polybag sampai hampir penuh, siram tanah untuk membuat tanah basah dan stabil.

Penanaman Benih Okra
Benih okra dapat diperoleh dari buah okra yang sudah tua dan kering. Untuk mempersingkat proses perkecambahan benih okra, sebelum ditanam benih okra direndam dalam air hangat selama 12 jam, benih yang tenggelam merupakan benih yang bagus untuk ditanam. Penanaman benih okra dilakukan dengan cara tugal atau cukup dengan membuat lubang tanam sedalam 3 cm, kemudian masukkan benih ora dan ditutup dengan tanah. Satu lubang tanam cukup 1-2 benih okra.

Maaf Menyela.....
Baca Juga :


Pemeliharaan Tanaman Okra
Pemeliharaan tanaman okra dalam Polybag antara lain penyiraman, pemupukan, pemasangan ajir, pengendalian hama penyakit. Penyiraman dilakukan sehari sekali pada pagi atau sore hari. Penyiraman ini diusahakan rutin dan jangan sampai tanaman okra dalam Polybag terjadi kekeringan. Pemupukan okra dalam Polybag dapat ditambahkan pupuk NPK 1-2 sendok makan setiap satu bulan sekali. Selain itu juga dapat ditambahkan pupuk kandang/kompos untuk menutup bagian atas tanah yang mulai erosi karena penyiraman.


Pengendalian Hama & Penyakit pada Tanaman Okra bisa dilakukan dengan eradikasi yaitu membuang bagian tanaman yang terkena penyakit dan membuang hama yang ada di tanaman Okra. Pemeliharaan yang penting untuk tanaman okra dalam Polybag yaitu pemasangan ajir atau patok. Ajir ini berfungsi untuk menahan tanaman Okra agar tidak rebah. Ajir ini bisa dari bambu yang ditancapkan di dekat batang Okra atau dibuat pagar melingkar sekeliling Polybag.

Panen dan pasca panen
Tanaman okra dapat dipanen pada umur 60-70 setelah tanam (tergantung jenisnya). Pemanenan bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, dan berlangsung hingga 2-3 bulan sejak panen pertama tergantung pada kondisi tanaman dan pemeliharaan tanaman. Jika buah Okra digunakan untuk sayur atau lalapan sebaiknya dipanen ketika masih muda atau buah Okra berukuran panjang 10-12 cm. Jika buah okra dipanen terlalu tua, rasanya akan kurang sedap dan keras. Buah okra yang akan diambil bijinya untuk benih dapat dipanen hingga buah mengering pada tanaman.

Pasca panen buah okra dilakukan dengan membersihkan buah okra yang sudah dipetik dan disimpan dalam tempat sejuk untuk meningkatkan daya simpannya. Okra dapat dimasak menjadi sayur seperti tumis, oseng-oseng, kari balado dan sebagainya. Buah okra juga dapat dijadikan lalapan segar. Selain itu ada juga yang menkonsumsi okra sebagai minuman kesehatan, caranya dengan merebus okra yang sudah di cincang dan diminum airnya.

Jangan lupa, jika Anda membutuhkan Polybag langsung saja hubungi : 
Call/SMS/WA : 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277.

Oke...Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, jangan bersedih ataupun menangis😊 jangan lupa tunggu artikel selanjutnya. Terima kasih telah berkunjung & Semoga bermanfaat....



Demikianlah Artikel Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag

Sekianlah artikel Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag dengan alamat link https://agrobisku99.blogspot.com/2017/09/cara-jitu-menanam-okra-dalam-pot-atau.html

0 Response to "Cara Jitu Menanam Okra dalam Pot atau Polybag"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian