TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah

Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman Herbal, Artikel Budidaya Tanaman Hias, Artikel Budidaya Tanaman Padi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah
link : Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah

Baca juga


Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah

     Akar wangi adalah salah satu dari jenis tanaman liar yang sengaja untuk ditanam diberbagai daerah di negara yang beriklim tropis serta sub tropis. Tanaman Akar wangi ini termasuk kedalam keluarga famili graminae, berumpun lebat, dan akarnya tinggal bercabang banyak serta warna kuning pucat ataupun abu - abu hingga merah tua. Rumpun dari tanaman Akar wangi ini terdiri dari beberapan anak rumpun yang bisa dijadikan sebagai bibit. Dari akar tinggal yang sangat halus itulah dapat tumbuh tangkai daun yang panjangnya sampai 1,5-2 meter. Tumbuhan akar wangi memiliki daun yang sedikit kaku, berwarna hijau hingga kelabu, dan memiliki panjang mencapai 75-100 cm, daun akar wangi tidak mengandung mint. Tanaman akar wangi ini bunganya berwarna hijau dan ungu, dan biasanya mekar dipucuk tangkai daun. Akar wangi dikenal dibanyak daerah seperti di Sumatera, Gayo dengan namanya useur, di Batak dimanakan hapias, di Minangkabau namanya urekusa, sedangkan untuk didaerah sunda dinamakan janur, narwastu, ataupun usar. Di Maluku dikenal dengan nama babuwamendi di Halmahera, Ternate menyebutnya tanaman garamkusu batawi, dan Tidore menamakan tanaman ini yakni barama kusu batai. Berikut ini cara budidaya akar wangi agar panen melimpah.

Cara Budidaya Akar Wangi Yakni:

1. Persyaratan Tumbuh
    Faktor yang menentukan kualitas dari minyak akar wangi ini ialah keadaan tanah dan iklim. Dimana untuk keadaan tanah, akar wangi ini cocok tumbuh di tanah yang berpasir ataupun tanah abu vulkanik yang ada dilereng - lereng bukit. Bisa juga akar wangi tumbuh ditanah liat yang mengandung banyak air, tapi minyak yang terkandung kurang bagus dan tidak maksimal. akar wangi ini memerlukan keasaman tanah (pH) 6-7 derajat. Sedangkan untuk iklim, akar wangi ini tumbuh dengan sangat baik 600-1.500 mpdl dengan curah hujan yang cukup sekitar 140 hari per tahunnya, dan suhu 17-27 derajat celsius dan juga akar wangi senang dengan mengenai sinar matahari secara langsung.


2. Penyiapan Lahan dan Penanaman
    Lahan yang akan digunakan sebagai pertanaman akar wangi ini harus bersih dari gulma. Dan kemudian dibuat lubang tanam 20x20x20 cm. Jarak antar tanaman tergantung kesuburan serta kemiringan dari tanah. 2 minggu sebelum melakukan penanaman, lubang diisi dengan pupuk kandang dan kompos 2 kg perlubangnya dengan kedalaman tanam tidak lebih dari 4 cm, karena akan dapat mengurangi persentase tumbuh tanaman.

3. Pemeliharaan atau Penyulaman
    Penyulaman dilakukan setelah 2 minggu tanam. Tanaman yang tidak tumbuh bisa terlihat diumur 1-2 minggu saat setelah tanam, apalagi jika ditanam berupa bibit sobekan  yang berasal dari bonggol yang ditanam secara langsung ataupun anakan tanpa akar.

4. Penyiraman
    Pada musim kemarau, penyiraman seharusnya dilaksanakan tiap-tiap hari, ialah dalam kurun waktu 2 minggu, hingga akar-akar baru tumbuh dan menempel pada tanah.

5. Pemupukan
    Pemupukan dilaksanakan jika akar wangi ditumpangsarikan dengan sayuran.

6. Pemangkasan
    Seperti tahapan pemupukan, akan dilaksanakan jika akar wangi ditumpang sarikan dengan tanaman sayuran.

7. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman
    Hama serta penyakit di akar wangi ini tidak terlalu menjadi dilema yang penting, sebab itu pembatasan umumnya jarang dijalankan.

8. Penanganan Pasca Panen
    Waktu pemanenan tiba itu tergantung pada musim. Sekiranya area yang akan ditanami kembali sama, maka pemanenan dijalankan patut pada musim hujan supaya dapat tumbuh dengan bagus.

9. Pemotongan Bonggol
    Bonggol dapat dipotong dengan menerapkan alat pemotong secara manual seperti golok atau dapat juga menerapkan mesin pemotong / perajang.

10. Pencucian Akar
    Akar yang tanpa bonggol dicuci didalam air mengalir sambil dikibaskan hingga semua tanah yang merekat terlepas dari akar. Keringkan akar wangi hingga benar - benar siap untuk dijemur.

11. Penjemuran Akar
    Penjemuran dilakukan dari jam 9 pagi hingga jam 2 sore serta dibolak balik sebanyak 2-3 kali selama sekitar 2 hari diatas lantai penjemur yang diberikan alas tikar ataupun bambu anyam ketebalan 20-20 cm.

Baca Juga:
12. Penyimpanan
    Jika akar wangi tidak disuling, akar wangi dikemas kedalam karung plastik serta ditutup dengan rapat, lalu disimpan dengan cara menumpuk didalam gudang yang tidak tembus cahaya, tidak lembab, serta suhu 20-30 derajat celsisu dan letakkan jauh dari ketel suling supaya mengurangi penguapan minyak selama masa penyimpanan.

13. Perajangan Akar
    Tujuan dari perajangan akar ialah untuk mengurangi sifat kamba akar, mempermudah dalam keluarnya minyak dari akar melalui tahapan hidrodifusi. Merajang bisa dilakukan dengan menggunakan golok ataupun mesin khusus perajang akar dengan panjang 10-15 cm. Akar wangi yang telah dirajang, harus dimasukkan ke dalam ketel suling agar terhindar dari penguapan minyak dari bagian akar yang telah dipotong.


Demikianlah Artikel Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah

Sekianlah artikel Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah dengan alamat link https://agrobisku99.blogspot.com/2018/04/cara-budidaya-akar-wangi-secara-benar.html

0 Response to "Cara Budidaya Akar Wangi Secara Benar dan Mudah"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian